Menghirup laba dari shisha

MENGHIRUP

Laba dari Shisha

Kaltim Post, Minggu 3 April 2011

 

Shisha kini telah jadi bagian gaya hidup. Kegiatan menghisap tembakau Arab ini banyak dilakukan masyarakat di kota-kota besar, termasuk Samarinda. Umumnya penggemarnya dating dari genre muda. Perangkat yang digunakan terdiri dari tabung biasa disebut hookah atau bong yang tersambung dengan selang panjang.

Cara kerjanya, tembakau dipanaskan dan menghasilkan uap yang kemudanan disaring sebelum dihirup. Kini di pasaran ada sekitar 30 rasa tembakau, mulai dari aroma buah-buahan, cokelat, vanilla. Tembakau shisha hanya mengandung maksimal 0.05 persen nikotin dan 0 persen tar.

Melihat besarnya potensi pasar yang ada, tak sedikit pelaku usaha kini melirik shisha sebagai lading bisnis baru. Maka bermunculanlah café-café shisha. Berbeda dengan bisnis life style lain yang mengharuskan konsumen merogoh kocek dalam, menikmati shisha terbilang murah meriah.

Tarif yang ditawarkan hanya Rp.25 ribu per tabung, dimana satu tabung bisa digunakan empat orang. Artinya kalau dibagi rata, per orang hanya mengeluarkan uang tak sampai 6 ribu.

Keuntungan dari berbisnis shisha, umumny komplementer dari bisnis lain. Misalnya berdagang makanan dan soft drink, atau jajanan ringan seperti kentang goring. Karena biasanya setelah menikmati shisha, pelanggan merasa lapar dan haus. Dengan demikian bisa dapat tambahan keuntungan lain.

Pelaku bisnis shisha pun ttidak harus melakukan edukasi pasar karena pada dasrnya masyarakat Indonesia sudah mengenal nikmatnya rokok. Hanya saja kali ini, rokok tersebut diganti dengan kudapan tembakau dari Arab. Prospek bisnis ini ke depan diyakini tetap cerah, selama dibarengi ide-ide kreatif.

This entry was posted in Wirausaha. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s