Berawal dari hobi

BERMULA DARI HOBI, KINI PUNYA OMZET PULUHAN JUTA

Arie, Pemilik Aladdin shisha Kafe

Kaltim Post, minggu 3 April 2011

 

Salah satu pengusaha yang kini terjun menggeluti bisnis shisha adalah Arie, pemilik Aladdin Shisha Kafe, Samarinda. Dibanding pebisnis shisha lainnyha, usha milikk pria 24 tahun ini terbilang cukup sukses karena mampu meraih omzet hingga pluhan juta sebulan. Bisnis perlengkapan shisha dilakoni Arie berawal dari kegemarannya menghirup asap beraroma itu sekaligus menyukai keunikannya. Maka, bermodal Rp.15 juta, ia menjajal peruntungan bisnis ini pada 5 November 2007. Dengan uang itu Arie menggunakannya untk membeli 5 tabung atau hookah, serta perlangkapan lain dari seorang pengrajin di Jakarta dimana bahan baku membuat hookah  tadi diimpor langsung dari Bubai. Uni Emirat Aarab.

Tak disangka, dalam tempo singkat 5 hookah itu habis terjual. Melihat fakta itu Arie yakin kalau bisnis ini mampu mendatangkan laba. Memang dirinya sadar ketika mulai terjun ke bisnis piranti shisha sudah ada pemain yang sama. Agar dapat bersaing dan tetap eksis, maka harus ada hal yang jadi pembeda.

Akhirnya pillihan jatuh pada nilai tawar harga yang lebih murah. Harga racikan tembakau dibanderol mulai Rp.20 ribu sampai Rp.85 ribu per 250 gram. Lain lagi harga aksesorinya. Misalnya harga foil cukup Rp.10 ribu dan mouthip (alat kecil di ujung plastic hisap yang bisa dilepas) dari Rp.30 ribu sampai Rp.50 ribu.

Dalam sehari, ia mendapat pemasukan tak kurang dari Rp.1 juta. Kini dibantu istri dan rekan-rakannya, Arie menggulirkan roda bisnisnya dengan omzet puluhan juta per bulan. Dari omzet sebesar itu, sekitar 15-20 persen masuk ke koceknya sebagai laba bersih.

Sampai kini, ia belum berniat membuka cabang di tempat lain. Hanya saja untuk kerja sama dengan pub-pub dan event masih diterima. Namun belakangan banyak permintaan yang menawarkan bisnis franchise atau wara laba, dan  tampaknya Arie mulai tergoda untk memulai bentuk usaha itu meski hanya dengan pub-pub besar.

This entry was posted in Wirausaha. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s