Butik Anissa

 

Annisa Rahmawati. Pemilik Toko Online ButikAnnisa

Optimistis Berbisnis Butik Di Internet

Booming-nya bisnis toko online juga dimeriahkan oleh para kaum hawa yang memilih bisnis ini, dengan alasan bisnis lebih simple, ekonomis dan fleksibel. Salah satu wanita yang menekuni bisnis ini dari dalam negeri adalah Nur Annisa Rahmawati. Bagi sebagian wanita yang suka berselancar di internet mencari model-model baru pakaian muslim mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Butik Annisa yang beralamat di http://www.butikannisa.com.  Pengelola sekaligus pemilik toko online ini adalah Nisa, panggilan akrab dari Nur Annisa Rahmawati.

Meski terbilang baru, Butik Annisa yang dimulai pada bulan Juni 2007 lalu ini sudah menerima order dari berbagai daerah di Tanah Air bahkan dari mancanegara. “Untuk pesanan dari dalam negeri sudah semua pulau. Sementara dari luar negeri ada yang dari Jerman, Australia, Perancis, Singapura dan Malaysia,” papar Nisa. Dengan meluasnya permintaan yang pada awalnya datang dari keluarga dan teman-teman menjadi lebih luas, otomatis omset yang bisa dibukukan per bulan pun juga meningkat. Saat ini Butik Annisa dalam sebulan bisa menerima hingga 160 potong pakaian.

Untuk memenuhi order tersebut wanita muda kelahiran 29 Mei 1982 ini dibantu oleh 5 karyawan untuk menjahit dan memasang payet, yang tinggal di sekitar rumahnya. Memang itu lah salah satu keunggulan yang ditawarkan Butik Annisa. Produk dijahit sendiri, dengan model dan disain secara kreatif diciptakan oleh Nisa. “Saya suka dan rajin cari model-model baru yang menarik,” ujarnya. Karena produk buatan sendiri, rata-rata produk dijahit by order. Hanya beberapa produk yang ready stock dan bisa dilihat pada halaman website butik.

Seperti bisnis online lainnya, jarak yang jauh dari pelanggan tentu saja berpotensi mendatangkan komplain tentang produk. Begitu juga yang dialami Butik Annisa. “Pernah ada komplain tentang ukuran, maklum jaraknya jauh jadi kendala,” ujar Nisa. Untuk menghindari komplain tersebut, sambung Nisa, pelanggan diingatkan untuk melihat standar ukuran yang tertera di website. Selain itu, ia juga melebihkan kain jahitan untuk setiap produk sehingga baju bersifat editable.

Belakangan peraih gelar Magister Management dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta ini juga aktif ikut serta berbagai pameran dengan tujuan untuk mendekatkan Butik Annisa ke konsumen. Selain ajang berpromosi, pameran menurut Nisa bisa jadi tempat mencari masukan tentang kelebihan dan kekurangan produk serta ide-ide model untuk inspirasi di masa yang akan datang.


Produksi Eksklusif

Cerita ketertarikan berbisnis online dimulai ketika Nisa yang diharuskan menggunakan internet pada masa kuliah S2. Ia pun punya alasan untuk ini. “Saya tertarik dengan bisnis online karena bisnis ini bersifat fleksibel, baik dari segi waktu maupun tempat. Bisa chatting dengan pelanggan tentang model baju sambil makan di rumah makan dengan hotspot, saya juga bisa membalas email pelanggan seusai beristirahat sebentar di malam hari, juga sangat sesuai dengan keinginan saya untuk bekerja di rumah. Jadi jika suatu saat nanti saya berumah tangga atau mempunyai anak, saya tidak akan kehilangan moment bersama anak dan suami, berbeda dengan kerja kantoran yang mengharuskan kita stay pada jam kerja tertentu,” urai Nisa.

Keinginan tersebut diwujudkan dengan modal awal sekitar 5 juta dengan visi bisnis ‘Menjadi Butik Online Busana Muslimah Terbaik Sepanjang Masa’. Ia pun optimistis dengan keberadaan Butik Annisa ke depan. “Semua barang yang diproduksi Butik Annisa dijahit satu persatu dan sangat terbatas, jadi eksklusif, harganya terjangkau, dan menyediakan layanan paket kebaya, yang menyediakan set kebaya sesuai dengan bando jilbab, selop, kain jarik bawahan, dengan budget beragam sesuai keinginan pelanggan,” jawab Nisa ketika ditanya kelebihan yang ditawarkan produknya. Harga produk yang ditawarkan beragam Untuk atasan berkisar antara Rp100 ribu hingga Rp200 ribu, kebaya Rp500 ribu, kebaya set mulai Rp750 ribu, stelan Rp200 ribu hingga Rp300 ribu, selop Rp150 ribu serta bando jilbab Rp75 ribu.(SH)

This entry was posted in Wirausaha. Bookmark the permalink.

2 Responses to Butik Anissa

  1. wali1720 says:

    ayo explor terus biar menemukan sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s